Etty Lasmini : Berdaya Bersama Ex Narapidana

Etty Lasmini
Etty Lasmini. Sehari-hari beliau dikenal dengan wirausahawati kerupuk kulit yang mempekerjakan mantan narapidana, bekas pemakai narkoba. Dengan tujuan agar para ex narapidana ini tidak kembali mengulangi perbuatannya maka Ibu Etty menampung mereka sebagai pekerja. 
Walau sempat dianggap orang kurang kerjaan dan kurang waras nyatanya bisnis yang Ibu Etty rintis dengan memperkerjakan mantan narapidana ini tetap sukses. Jika diuangkan, omsetnya mencapai 900jt perbulan
Menurut beliau para ex narapidana dan pengguna narkoba yang ada di wilayahnya, mereka memiliki keinginan untuk sembuh walaupun masih terdapat beberapa di antara mereka yang masih belum bisa sepenuhnya lepas dari pengaruh narkoba, maka dengan adanya usaha kerupuk kulit ini berarti ikut serta memfasilitasi mereka ke kegiatan yang lebih positif agar tidak terjerumus kembali ke masa lalu mereka. Menurut beliau para ex narapidana dan pengguna narkoba yang ada di wilayahnya, mereka memiliki keinginan untuk sembuh walaupun masih terdapat beberapa di antara mereka yang masih belum bisa sepenuhnya lepas dari pengaruh narkoba, maka dengan adanya usaha kerupuk kulit ini berarti ikut serta memfasilitasi mereka ke kegiatan yang lebih positif agar tidak terjerumus kembali ke masa lalu mereka. 
Penghasilan dari memproduksi kulit sebenarnya sudah sangat lumayan, tapi Ibu Etty bukan tipe wirausahawati yang suka menumpuk kekayaan dan harta sendirian, ia lebih suka jika bisa menikmatinya bersama dengan mitra dan warga yang disekitarnya Usaha yang dirintis sejak 1990 ini diberi nama kerupuk kulit Arizma. Bidang pemasaran dan pengolahan masih skala home industry, namun penjualannya sudah menembus pasar internasional dan retail.

Edited by : Lina Lisnawati

Sumber : http://sea-dd.com/?p=261 

0 comments:

Posting Komentar