Budidaya Lele Adhita Sri Prabakusuma Membantu Warga Gunung Kidul

Adhita Sri Prabakusuma
Adhita Sri Prabakusuma merupakan pengusaha sukses diusia yang reltif muda, yaitu masih berusia 24 tahun. Perusahaan yang ia dirikan sukses mengembangkan usaha budidaya lele di bawah naungan CV. Handayani Cemerlang. Usaha budidaya lele ini tidak hanya berorientasi profit saja, tapi juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar tempat tinggalnya di Gunung Kidul, Yogyakarta.
Kesuksesan di usia mudanya berawal saat ia masih mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Gajah Mada (UGM). Adhita melihat para petani kesulitan mengembangkan usaha lantaran harga pakan melambung tinggi. Mereka juga kesulitan mendapatkan benih. Kalau pun ada, tempatnya jauh, sehingga tingkat kematian benih tinggi. Alhasil, ratusan peternak gulung tikar. Padahal, sekitar 60% masyarakat Gunung Kidul menggantungkan hidup sebagai petani, juga usaha budidaya lele
Melihat masalah tersebut, adhita tidak tinggal diam dan menjadi penonton saja, ia memberi aksi nyata dengan melakukan langkah awalnya membuat rancangan sebuah mesin pembuat pakan, yang tentunya harga pakan yang ia jual lebih murah daripada produksi pabrikan. Selanjutnya, ia tergerak untuk menyediakan benih lele dengan membuka usaha pembenihan. Di sektor hilir, ia juga aktif mendorong petani untuk mengolah lele menjadi abon, sehingga nilai jualnya lebih tinggi.
Usaha Adhita itu tidak sia-sia. Kini, sekitar 100 petani ikut dalam program pemberdayaan yang dikembangkan Adhita. Mereka tersebar di lima kecamatan di Gunung Kidul dan terbagi dalam 10 kelompok plasma. Delapan kelompok terdiri dari para pria yang mendapat bantuan benih, pakan, terpal, dan pemasaran. Sementara dua kelompok lain terdiri dari wanita yang mendapat bantuan pengolahan indukan lele menjadi abon. Kelompok plasma ini bisa menghasilkan omzet sekitar Rp 20 juta per bulan. Di luar plasma, Adhita juga memiliki inti plasma yang meliputi 29 kolam. Untuk mengelola kolam ini, ia memberdayakan 17 petani.

Edited by : Lina Lisnawati

Sumber : http://peluangusaha.kontan.co.id/news/bantu-warga-gunung-kidul-kembangkan-budidaya-lele

0 comments:

Posting Komentar