Dina Ch. Lumbantobing - pembaruan budayaan melalui pendidikan pra-sekolah

Dina Ch. Lumbatobing
Dina lahir di Tarutung, Tapanuli Utara, 27 November 1957. Dina berusaha menumbuhkan rasa bangga dan percaya diri masyarakat suku minoritas Pakpak Dairi di Sumatera Utara melalui program pembinaan anak-anak yang menggabungkan pendidikan pra-sekolah dan pendidikan tentang kebudayaan. Dia telah menyiapkan semacam Taman Kanak-kanak yang dilengkapi dengan fasilitas pelayanan kesehatan, pendidikan, dan pengenalan kebudayaan Pakpak.
Dalam wadah ini programnya secara ekstensif dilakukan untuk meningkatkan rasa bangga anak-anak terhadap kebudayaan mereka. Dina merangkul para ibu melalui anak-anak siswa sekolahnya dan menjadikannya semacam suatu akses untuk meningkatkan kepedulian terhadap budaya mereka serta membangun pengetahuan dasar tentang perawatan kesehatan. Dina berharap bahwa melalui peningkatan harga diri dan kualitas hidup masyarakat Pakpak ia akan dapat menolong mereka terbebas dari rasa lemah dan tidak berdaya yang terus membuat mereka miskin.
Organisasi yang didirikannya, YAYASAN SADA AHMO (YSA), menerbitkan buletin “Suara Perempuan” yang merupakan alat efektif untuk pendidikan politik bagi para perempuan Pakpak dan perempuan di Kabupaten Dairi pada umumnya. Sementara itu YSA telah meluaskan wilayah perhatiannya ke penguatan anak dan perempuan umumnya di Kabupaten Dairi melalui penitipan anak, Credit Union untuk perempuan, penyaluran kredit mikro, serta membantu pemasaran hasil produksi kelompok binaan di pedesaan, seperti: ulos Batak, bawang merah, dan kerajinan bambu dan rotan. Saat ini sedang disiapkan pilot project untuk menyelenggarakan perpustakaan khusus untuk anak di kota Sidikalang, penitipan anak dan bayi untuk pedagang pasar, serta kelompok ‘parengge-rengge’ (pedagang kecil berpindah yang ada di pasar).

Edited by : Lina Lisnawati

0 comments:

Posting Komentar