Kewirausahaan Sosial di Indonesia

Kewirausahaan
Mungkin, di telinga kita, masyarakat Indonesia, kata ‘kewirausahaan’ sudah tidak asing lagi didengar. Berbagai kontes bertemakan kewirausahaan, seminar kewirausahaan dan targetan pemerintah terkait kewirausahaan bertebaran di masyarakat. Secara definisi, kewirausahaan didefinisikan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya. Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian

Kewirausahaan Sosial
Lalu, apa itu kewirausahaan sosial? sama atau berbeda dari kewirausahaan yang kita kenal secara umum? kewirausahaan sosial diartikan sebagai disipilin ilmu yang menggabungkan antara kecerdasan berbisnis, inovasi, dan tekad untuk maju ke depan. Kewirausahaan sosial merupakan sebuah konsep baru dalam dunia bisnis yang menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat untuk memecahkan berbagai permasalahan sosial, seperti kemisikinan, kerusakan lingkungan dan lain sebagainya.  Dua prinsip utama dalam kewirausahaan sosial adalah (1) ada inovasi sosial yang bisa mengubah sistem yang ada di masyarakat, serta (2) adanya individu yang bervisi dan kreatif.
Jadi, bisa dikatakan keterkaitan antara kewirausahaan dan kewirausahaan sosial adalah tujuan yang sama-sama menginkan terjadinya perubahan sosial masyarakat kearah yang lebih baik
Kewirsos di Indonesia
Di Indonesia sendiri, kewirausahaan sosial banyak digerakan oleh komunitas ataupun perkumpulan masyarakat yang bersama-sama membentuk unit usaha untuk memperbaiki kondisi sosial ataupun lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh dilakukan Silverius Oscar Unggul dengan Koperasi Hutan Jaya Lestari yang telah mendapat pengakuan dari internasional karena kesuksesan mengelola koperasi tersebut.
Selain itu, perkembangan kewirsos di Indonesia memiliki kemajuan dari hari ke hari, terhitung sudah puluhan tokoh kewirausahaan sosial Indonesia yang telah berhasil mencatat namanya di kancah internasional serta yang lebih penting memberdayakan orang-orang sekitar.
Jadi, apakah anda siap untuk memulai ber-wirausaha sosial?

By : Puti Halimah

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kewirausahaan_sosial
http://id.wikipedia.org/wiki/Kewirausahaan
http://news.britishcouncil.or.id/2012/09/mengembangkan-kewirausahaan-sosial-di-indonesia/

0 comments:

Posting Komentar