Alween Ong: Wirausahawati Sosial Sukses di Bidang Reparasi Ponsel

Perempuan kelahiran Padang, 29 Januari 1985 silam, ini adalah pemilik CV Al-Company Indonesia. Anak kedua dari lima bersaudara ini sudah menekuni bisnis sejak duduk di bangku kuliah, Universitas Sumatera Utara (USU). Desakan untuk mencari biaya kuliah membuatnya harus pontang-panting berjualan buku bekas hingga ikat pinggang. 
Ide ini berawal dari seringnya ia mendapati ponsel teman kuliahnya rusak. Berbekal ponsel rusak yang dibelinya, Alween lantas mengutak-atik ponsel rusak itu dengan bantuan internet dan buku. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, ponsel yang rusak itu bisa kembali berfungsi. Dari situ, Alween lantas memberanikan diri membuka usaha jasa reparasi ponsel pada tahun 2006 di sekitar kampusnya dengan nama Clinic Handphone. 
Tidak hanya fokus di bidang bisnis saja, Alween dengan niat yang kuat untuk membagi ilmunya,  ia membuka lembaga pendidikan reparasi ponsel gratis berupa pelatihan yang diberikan cuma-cuma kepada mereka yang tak mampu tapi memiliki minat menjadi pengusaha. Harapannya, ialah mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu, di dalam usaha tersebut juga terdapat kegiatan-kegiatan amal, mulai dari sunatan massal, hingga program sejuta koin 1000 untuk membangun desa tertinggal di Lesten, Gayo Luwes, Aceh.
Lewat usaha Clinic Handphone, usaha percetakan (printing) dan desain foto digital bernama Narsis Digital Printing. Omzet Alween Rp 60 juta perbulan. Padahal, saat membuka usaha, Alween meminjam uang teman senilai Rp 8 juta. Butuh waktu tiga tahun, usaha Alween berjalan stabil dan berkembang.Berkat kegigihan itu juga, Alween mendapat penghargaan sebagai wirausahawan muda dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Terakhir, ia menjadi delegasi Indonesia ke acara China-ASEAN Youth Camp yang membahas masalah perdagangan bebas. 
Keberhasilan yang diperoleh Alween tidak semudah membalikan kedua telapak tangan. Ia merasakan jatuh bangun dalam bisnisnya. Namun, semua itu dapat ia lewati berkat kegigihan, ketekunan dan optimisme dalam diri Alween yang patut di contoh, semuanya berawal dari niat yang tangguh dan kemauan untuk mengejar tujuan yang ingin kita capai. Selamat sukses!!

Edited by : Adetya Nuzuliani Rahma

Sumber :
http://liputan6.com

0 comments:

Posting Komentar