The Body Shop: Pro Lingkungan dan Keadilan Sosial


The Body Shop adalah sebuah merk kosmetik international yang beroprasi lebih dari 2100 outlet di 55 negara, yang melayani 77 juta pelanggan dalam 27 bahasa. The Body Shop didirikan oleh Anita Roddick pada tahun 1976 di Brighton, Inggris.
Misi The Body Shop adalah mendedikasikan bisnis ini kearah sosial dan perubahan lingkungan kearah yang lebih baik.
Visi nya adalah menjadikan semua orang bangga dan senang terhadap apa yang dimiliki oleh dirinya sendiri.
Prinsip The Body Shop biasanya berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan dan orang sekitar kita. Hal ini dibuktikan dengan adanya 5 slogan besar The Body Shop yaitu:

a. Protect our planet
Adalah filosofi yang menginspirasikan komitmennya untuk menjadi penjual yang bertanggung jawab atas lingkungannya. The Body Shop berkomitmen untuk mensupport teknologi dan menggunakan material yang ramah lingkungan dan dengan mempromosikan penggunaan sumber yang dapat diperbaharui.

b. Against animal testing
The Body Shop percaya tidak ada binatang yang harus dikorbankan untuk memproduksi produk. Ada banyak sekali bahan yang memungkinkan untuk membuat produk dengan kualitas tertinggi, inovatif, efektif, dan produk yang aman tanpa harus membahayakan binatang.

c. Support community trade
The Body Shop mendukung perdagangan yang jujur. Support community membuat hubungan langsung  jual beli dengan komunitas yang terpencil di seluruh dunia dimana kita dapat mendapatkan bahan natural dengan komunitas tertinggi. Community trade merupakan kerjasama untuk merubah hal-hal yang tidak menguntungkan.

d. Activite self esteem
Merupakan berbicara tentang diri sendiri, yaitu:
  • Self awareness : kesadaran atas diri sendiri
  • Self confidence: percaya diri
  • Self worth : menghargai diri sendiri
  • Self acceptance: menerima diri sendiri
e. Defend human right
The Body Shop merupakan satu-satunya produk kosmetik yang memiliki keperdulian tinggi terhadap bumi kita. “The Body Shop” menyadari bahwa bumi kita sekarang ini sudah rusak oleh polusi, bahan-bahan kimia, penggalian tidak terkendali dan pengrusakan lingkungan, bahkan keadaan seperti ini juga turut mempengaruhi prilaku manusia menjadi kurang baik.

The Body Shop mengajak kita bersama-sama untuk memperbaiki bumi yang sudah rusak ini. Dengan cara selalu berusaha meminimalkan dampak negative setiap proses bisnisnya bagi lingkungan. Dari proses pemilihan bahan baku, produksi, pengemasan, distribusi, hingga ke tangan pelanggan. The Body Shop menjalankan kebijakan untuk selalu menggunakan bahan yang dapat di perbaharui.
Adapun bentuk kewirausahaan sosial yang dilakukan The Body Shop adalah dengan membangun hubungan perdagangan yang saling menguntungkan dengan masyarakat melalui program community trade. The Body Shop memperoleh bahan baku bermutu sedangkan mereka memperoleh kemandirian sosial ekonomi/ harga yang layak. Selain itu,Melalui salah satu program The Body Shop, yaitu program Gloss for a Cause, The Body Shop mendonasikan 75% profit penjualan produk lip gloss-nya untuk kegiatan Face-to-Face Program. Kegiatan ini bertujuan menolong wanita korban KDRT yang membutuhkan perawatan, termasuk tindakan rekonstruksi wajah atau fisik akibat kekerasan yang dialami.


By: Indah Permata

Sumber : http://fitryhidayanti.blogspot.com/2012/03/kewirausahaan.html

0 comments:

Posting Komentar