Irma Suryati : Memberdayakan penyandang disabilitas membuat kerajinan kain perca

Irma Suryati
Irma Suryati, perempuan tegar yang meiliki keterbatasan fisik tidak pernah patah semangat untuk mengubah hidupnya menjadi “bussines woman”. Bahkan berkat usahanya, Irma berhasil memberdayakan 30 rekannya yang memilki sesama penyandang disabilitas untuk membantu usahanya sebagai pengrajin.
Irma Suyanti yang menderita kelumpuhan sejak umur 4 tahun akibat polio, membuktikan bahwa dengan keterbatasan fisik juga mampu beraktivitas dan berkarya seperti orang normal pada umumnya.
Dahulu, Irma berkali-kali ditolak oleh perusahaan saat melamar pekrjaan karena kekurangan fisiknya. Dari kondisi itulah Irma tidak ingin menjadi pekerja, tetapi menjadi orang yang membuka lapangan pekerjaaan, terutama bagi penyandang disabilitas. Seiring dengan alasan tersebut, Irma merasa prihatin dengan limbah kain perca dari sebuah perusahaan konveksi disekitar lingkungan tempat tinggalnya di Semarang.
Irma berinisiatif untuk memanfaatkan limbah kain perca tersebut menjadi kain keset. Dibantu oleh suaminya yang juga penyandang disabilitas. Tak disangka usahanya berkembang pesat, dan berhasil mengajak 30 rekan sesama penyandang disabilitas untuk bekerja dan berdaya.

Edited by Lina Lisnawati

Gambar : tribiznetwork.com

0 comments:

Posting Komentar