Muslikhin Kusma : Pengembangan daerah pedesaan bagi perempuan dan anak-anak

Sebagian besar kaum lelaki dari daerah miskin di dataran tinggi Gunung Kidul dekat Yogyakarta bekerja di kota. Kaum perempuannya ditinggalkan dan terperangkap dalam pola mempertahankan hidup yang mendasar, sedangkan anak-anaknya meninggalkan sekolah pada usia dini untuk membantu ibu mereka.
Muslikhin Kusma
Muslikhin mendirikan organisasi Yayasan Pengembangan Desa Terpadu BINA DESA, yang berupaya memngubahkan kecenderungan ini dengan cara membantu kaum perempuan di sana mengembangkan rasa percaya diri dan juga ketrampilan praktis melalui kelompok belajar dan diskusi. Ia juga telah membangun perpustakaan yang inovatif dan program berbasis relawan yang memberikan layanan pendidikan informal kepada anak-anak putus sekolah.
Program ini dapat dengan mudah direplikasi dan melibatkan lulusan sekolah menengah di pedesaan untuk membantu anak-anak setiap minggu. Para relawan ini menggunakan bahan dari perpustakaan untuk membantu anak-anak didik mereka dalam menjelajahi dunia di luar desa mereka sendiri. Anak-anak tersebut dapat mencapai tingkat kemampuan membaca yang berarti dan senantiasa ditantang secara intelektual; sedangkan para relawan memperoleh tanggung jawab dan rasa hormat. Kelak, para relawan dapat mengembangkan perpustakaan mereka sendiri sehingga menyebarluaskan proyek ini di daerah lain.

Edited by Lina Lisnawati

Gambar : http://keuanganlsm.com/muslikhin-kusma/

0 comments:

Posting Komentar