Nur Rohman dan Rumah Makan Surga Dunia

Dijuluki sebagai agent of change, mahasiswa seharusnya tidak asing lagi dengan kata kewirausahaan sosial,agen perubahan yang diberi sebagai julukan bagi mahasiswa juga membawa visi dari kewirausahaan sosial, yaitu membawa perubahan kearah yang lebih baik bagi masyarakat. Kini, banyak mahasiswa Indonesia khususnya yang menjadi pioneer bagi perkembangan kewirausahaan sosial Indonesia. 
Sebagai contoh, salah satu lulusan Universitas Padjadjaran, Nur Rohman, seorang founder rumah makan Surga Dunia yang memberikan fasilitas makan apapun bayar sesukanya. Dikutip dari Kompasiana, Nur Rohman berinisiatif untuk membuka sebuah rumah makan. Inisiatif ini bermula dari latar belakang keluarganya yang dari kalangan kurang mampu. Sering mengalami kesulitan di dalam mengatur uang kirimannya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Nasib serupa ini pun dialami pula oleh teman-teman mahasiswa lain yang senasib dengannya.
Karena itulah, ia ingin membantu teman-temannya tersebut dengan membuka rumah makan yang lain daripada yang lain. Jika kita makan di rumah makan pada umumnya, setiap selesai bersantap tentu si kasir akan menghitung sudah habis berapa kita makan di situ. Makannya pakai lauk apa, minumnya minum apa, dan seterusnya … dan seterusnya. Jadi besarnya kisaran rupiah yang kita habiskan tergantung dari jenis makanan apa yang kita santap. Hal inilah yang menyebabkan setiap pengunjung menghabiskan rupiah dengan nominal yang berbeda-beda juga
Kisah Nur Rohman tadi adalah salah satu contoh dari mahasiswa yang sukses ber-wirausaha sosial, banyak kisah sukes lainnya dari wirausaha sosial yang terinspirasi dari mahasiswa Indonesia.

By : Puti Halimah

Sumber : http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2014/05/09/rumah-makan-surga-dunia-makan-semaunya-dengan-harga-sesukanya-654638.html
Gambar : newsmedia.co.id

0 comments:

Posting Komentar